RPP LUAS PERMUKAAN BOLA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          :           SMP Negeri 2 Martapura

Mata Pelajaran                   :           Matematika

Kelas / Semester                :           IX (Sembilan) / Ganjil

Alokasi Waktu                    :           2x 40 Menit

Standar Kompetensi      :           Kemampuan mengidentifikasi tabung,kerucut,dan bola serta menentukan ukuran-ukurannya.

Kompetensi Dasar           :           Menghitung luas selimut dan volume tabung,kerucut dan bola.

Indikator                               :           1. Menemukan rumus luas permukaan bola

2. Menghitung luas permukaan bola

3. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan   luas  permukaan bola.

1.      Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan bola
  • Siswa dapat menghitung luas permukaan bola
  • Siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bola

2.      Materi Ajar   

Luas Permukaan Bola

3.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran   :           Pembelajaran kooperatif

Strategi                             :           PMRI

Pendekatan                     :           Konstruktivisme

Metode                             :           Demonstrasi. Eksperimen, Diskusi Kelompok dan Tanya Jawab.

4.      Kegiatan Belajar Mengajar

  • Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi           :        a. Mengingatkan kembali materi tentang luas bangun datar.

b. Bersama siswa, menyebutkan  contoh  tentang bangun ruang  bola.

  • Motivasi            :         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam         menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas permukaan bola.
  • Tujuan Pembelajaran :    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
  • Kegiatan Inti

-       Guru memberikan masalah realistic yang berkaitan dengan luas permukaan bola.

-       Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 anak.

-       Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan luas permukaan   menggunakan model jeruk  yang telah disediakan oleh guru atau yang dibawa oleh siswa sendiri.

-       Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.

-       Guru mengajukan beberapa pertanyaan mengenai luas benda yang berbentuk belahan bola

-       Guru dan siswa membahas cara menentukan luas permukaan.

-       Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket, guru memberikan penilaian.

  • Kegiatan Penutup

-       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.

-       Siswa dan guru melakukan refleksi.

-       Guru memberikan tugas (PR) soal yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa.

  1. Alat dan Sumber Belajar

Alat     :

Jeruk

Mistar

Spidol

Pisau/ Cutter

Sumber            :      Buku Paket Matematika kelas IX

Lembar Kerja Siswa

Penilaian

1. Teknik                            :           Kuis, Tugas Kelompok

2. Bentuk instrumen     :           Tes Uraian dan Pilihan Ganda

3. Contoh instrument   :

1. Panjang jari-jari dua buah bola masing-masing adalah 12 cm dan 20 cm. Tentukan perbandingan luas   kedua bola itu

     

2.  Luas permukaan bola basket adalah 6644,24 cm2. Hitunglah jari-jari bola basket tersebut.

3.  Luas bola dirumuskan dengan rumus L=4pr2. Jika rumus itu diubah bilangan pokoknya ke “r”, maka rumusnya menjadi ….

4.  Dua bola masing-masing berjari-jari R1 dan R2. Jika R1 = 2R2 maka perbandingan luasnya adalah ….

a. 1 : 4               c. 2 : 1

b. 1 : 2              d. 4 : 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: